Pemerintah Kabupaten Bangka Barat memanfaatkan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung yang akan berlangsung hingga 31 Agustus 2023 sebagai ajang promosi potensi pariwisata yang ada di daerah itu.

"Hari ini kita mulai perjalanan kirab api obor Porprov Babel dari destinasi wisata Aikanget di Desa Kundi, Kecamatan Simpangteritip, lokasi itu merupakan potensi wisata sumber air hangat yang ada di daerah ini," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Desa Kundi, Bangka Barat, Minggu.
 

Menurut dia kawasan wisata Aekanget menjadi titik awal perjalanan kirab api obor merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab bangka Barat untuk mengenalkan destinasi wisata yang ada di daerah itu.

"Ini juga sebagai simbol untuk menggelorakan dan membakar semangat seluruh atlet yang berlaga dalam kegiatan empat tahunan ini," ujarnya.
 

Api obor Porprov Babel selanjutnya dikirabkan menuju Kecamatan Tempilang, melalui jalur laut dari Dermaga Desa Air Menduyung, Simpangteritip.

Di Kecamatan Tempilang, kirab api obor porprov juga singgah di Benteng Kota, salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Bangka Barat.

"Kirab api obor ini dilaksanakan selama dua hari, terakhir kita menuju Kecamatan Mentok sekaligus pembukaan Porprov VI Babel yang akan dilaksanakan di Stadion Sejiran Setason," katanya.
 

Pengambilan api untuk dinyalakan pada obor ini dilakukan oleh Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming disertai seluruh Ketua KONI se-Babel.

Ia berharap penyelenggaraan kegiatan Porprov Babel 2023 ini membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama dari sektor perekonomian dan bisa mempromosikan berbagai destinasi wisata dan potensi wisata lain yang ada di Bangka Barat.

"Kami berharap masyarakat ikut berperan aktif memberikan pelayanan terbaik untuk para tamu agar semakin nyaman selama berada di Bangka Barat," katanya.
 


Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023