Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat mengajak seluruh warga untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang digelar hingga 31 Agustus 2023.

"Bangka Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah harus bisa memberikan pelayanan terbaik dan masyarakat juga kita imbau agar ikut berperan aktif menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing agar kegiatan berjalan sukses," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Minggu.

Ia mengatakan panitia besar bersama sejumlah instansi terkait telah berupaya sekuat tenaga untuk menyukseskan pelaksanaan rangkaian dari awal hingga akhir kegiatan empat tahunan tersebut.

Baca juga: Bangka Barat manfaatkan porprov untuk promosi wisata

Baca juga: Api obor Porprov VI membara dari Aek Anget Desa Kundi

"Hari ini kita sudah mulai mengawali kirab api obor yang dilaksanakan selama dua hari dengan rute mengunjungi seluruh kecamatan yang ada di Bangka Barat, kita ingin Porprov bisa dirasakan masyarakat seluruh kecamatan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, panitia juga telah menyiapkan rencana pembukaan kegiatan yang semarak yang berlangsung di Stadion Sejiran Setason Mentok.

Untuk mendukung pelaksanaan seremonial pembukaan yang akan digelar 22 Agustus 2023, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi berbagai kemungkinan yang bisa mengganggu jalannya rangkaian kegiatan tersebut.

"Kita perkirakan acara pembukaan akan dihadiri ribuan warga, kita kemarin telah menyiapkan skema dan simulasi pengamanan bersama Polres, TNI, dan pihak terkait lain," katanya.

Panitia juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan memperluas tempat parkir agar rangkaian kegiatan pembukaan yang akan digelar pada malam hari tersebut bisa berjalan lancar dan nyaman bagi seluruh warga yang datang ke lokasi.

"Mudah-mudahan dengan persiapan yang sudah dilakukan kawan-kawan TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Satpol PP dan pemadam kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan lainnya, semua bisa mengamankan acara pembukaan dan masyarakat tetap aman, tertib, dan nyaman," katanya.

Ia mengimbau seluruh petugas yang terlibat dalam pengamanan untuk selalu mengedepankan pelayanan ramah, bersikap lembut dan sopan saat menjalankan tugas.

"Masyarakat juga kami minta tertib mematuhi seluruh rambu yang ada dan ikut menjaga fasilitas agar tidak rusak. Jangan membawa senjata tajam, benda berunsur api dan benda-benda keras, karena khawatir akan merusak ornamen yang ada di stadion," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023