PT Timah Tbk bersama Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan revalidasi Belitong Unesco Global Geopark (UGG) 2024 di 17 geosite Negeri Laskar Pelangi itu.

"Kami mengapresiasi PT Timah Tbk yang memberikan dukungan dan bantuan dalam persiapan dan pelaksanaan revalidasi Belitong UGG tahun depan,"  kata Kepala Bappeda Belitung Timur Mathur Noviansyah dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, dalam proses revalidasi nanti, Pemkab Belitung Timur juga mengusulkan beberapa geopark site yang baru, seperti Batu Begalang Desa Kelubi, Pulau Buku Limau,  Open Pit tambahan Nam Salu dan diharapkan tiga lokasi yang diusulkan dalam revalidasi bisa diterima UNESCO. 

"Saat ini kami tengah mempersiapkan proses revalidasi di 17 geosite yang tersebar di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur," katanya. 

Baca juga: PT Timah bantu petani Belitung Timur tingkatkan produksi garam

Ia menyatakan bantuan PT Timah Tbk untuk mendukung kegiatan advisor yang dilakukan Geopark Belitung dengan kedatangan Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network (GGN) Guy Martini beberapa bulan kemarin.

"Beliau sudah berkunjung dan beliau memberikan kesan positif dan mengapresiasi perkembangan yang telah terjadi sejak beliau pertama kali ke Belitung dan perubahan itu tidak lepas dari peran dan dukungan PT Timah Tbk," ujarnya.

Menurut dia, ke depan banyak yang bisa diadaptasi dari apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk seperti dalam konservasi atau revitalisasi lahan eks tambang maupun kegiatan yang bersifat edukasi.

Baca juga: PT Timah bersama Leeds University England teliti ikan endemik Bangka Belitung

"Saat ini, kami sudah memiliki pusat informasi geologi dan itu menampilkan sisi sejarah penambangan sejarah timah di Beltim," katanya.

Ia menegaskan peran PT Timah Tbk sangat berarti dan dirasakan manfaatnya bagi Geopark Belitong dan diharapkan  PT Timah Tbk terus mendukung BP Geopark Belitong.

"Ke depan banyak yang bisa diadaptasi dari apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk seperti dalam konservasi atau revitalisasi lahan bekas tambang maupun kegiatan yang bersifat edukasi," katanya.

Baca juga: PT Timah berikan bantuan kepada kelompok Hadroh Desa Padang

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023