Muntok (Antara Babel) - Pejabat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengungkapkan dua sekolah di daerah itu menggelar ujian nasional berbasis komputer.

"Mulai tahun ajaran ini, dua sekolah sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), yaitu SMP Negeri 3 Muntok dan SMP Santa Maria Muntok," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Rukiman di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, persiapan dua sekolah tersebut untuk menggelar UNBK sudah lama dilakukan dan memenuhi syarat sehingga ditetapkan sebagai sekolah percontohan pelaksanaan UNBK di kabupaten setempat.

UNBK di dua sekolah tersebut diikuti sebanyak 167 orang, masing-masing SMP Negeri 3 Muntok sebanyak 128 orang dan SMP Santa Maria sebanyak 39 orang.

"Fasilitas komputer, jaringan internet, ruang kelas dan ketersediaan listrik cukup mendukung sehingga kami tidak khawatir dalam pelaksanaan ujian, ke depan kami berharap seluruh sekolah mampu melaksanakan UNBK," kata dia.

Untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional di Bangka Barat, terutama pelaksanaan UNBK di dua sekolah tersebut pihaknya menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) dan PT Telkom.

Jalinan kerja sama tersebut penting dilakukan karena seluruh materi soal, jawaban dan biodata peserta hanya bisa diakses melalui jaringan yang ada di komputer dalam ruang ujian sekolah bersangkutan.

"Kami harapkan melalui koordinasi yang sudah dijalin bisa memberikan jaminan tidak adanya pemadaman listrik di jalur dua sekolah tersebut dan koneksi internet juga tidak mengalami kendala dan ujian bisa berjalan lancar," kata dia.

UN tingkat SMP/SMPLB/MTs tahun ajaran 2015/2016 dimulai hari ini, di Kabupaten Bangka Barat diikuti sebanyak 2.757 pelajar yang terdiri dari 2.226 pelajar SMP dan 531 pelajar MTs di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016