Entrepreneur Babel Indonesia (EBI) akan menggelar Expo Ekraf 2023 se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Taman Medeka Kota Pangkalpinang pada 2 hingga 3 September 2023, guna mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kegiatan festival UMKM dan pentas seni ini sebagai bentuk kepedulian EBI dalam mengembangkan usaha kerakyatan di Kepulauan Babel," kata Ketua Panitia EBI Expo Ekraf Festival UMKM Romi di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan EBI Festival 2023 bertemakan "Expo Ekraf, Go Global 2023” untuk membantu ekonomi kreatif khususnya UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar bisa naik kelas bersaing ke tingkat nasional hingga internasional.

"Kita harus mempunyai kreatifitas untuk mendapatkan ide-ide yang inovatif, agar pengembangan berbagai produk usaha ekonomi kreatif di Kepulauan Babel ini dikenal dan diminati masyarakat dunia," katanya.

Ia menyatakan selama EBIFest tidak hanya akan dimeriahkan festival bazar UMKM, juga ada kontes menyanyi, tari tradisional, musik tradisional, band musik, dan fashion show. 

Diketahui Pertamina sebagai sponsor utama kegiatan ini, selain itu ada Kemenparekraf RI, Kemenkop UKM RI, Pegadaian, Pemprov Babel, Garuda Indonesia, Citilink, PLN, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Babel, BRI, Telkomsel, Prodia, TVRI Babel, RRI Sungailiat.

Kemudian, Perum LKBN ANTARA Babel, UBB, Honda, Bolesa, Bank Sumsel Babel, Trasberita, Rumah Kompos Hosganik Balun Ijuk, RBT, dan Bangka PermataTour.

"Kami mengharapkan dengan diselenggarakan kegiatan EBIFest yang berkolaborasi dengan elemen dan lembaga-lembaga yang ada bisa melahirkan UMKM yang baru untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya Bangka Belitung," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023