Sekolah Dasar Negeri 45 Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang diadakan di halaman SD 45 pada Kamis (31/8).

Kepala SD N 45 Litrian. S.Pd.I mengatakan, kegiatan perlombaan ini adalah rangkaian Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) yang bertujuan menanamkan sikap nasionalisme di dalam jiwa para siswa serta melihat bakat-bakat yang mereka miliki.
 
 

"Kegiatan internal sekolah ini dilaksanakan untuk menyambut dan memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus upaya kita menanamkan nasionalisme sejak dini kepada murid," katanya.
 

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga sebagai wadah dan sarana murid untuk berekspresi, menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan, dan memotivasi murid untuk mengembangkan sikap sportivitas.
 

Ia mengatakan, banyak kegiatan yang dilaksanakan antara lain Lomba menari, menyanyi, pantomim dan pemanfaatan kreasi dari bahan bekas serta berbagai perlombaan hiburan seperti balap karung, memasukkan air ke dalam botol dan estafet sarung.

"Dalam penyelenggaraan kegiatan ini murid diberi keleluasaan untuk berekspresi, menunjukkan minat dan bakat, serta melatih rasa percaya diri. Arti sportivitas juga perlu dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, di mana setiap murid harus menerima kekalahan dan rendah hati ketika mendapat kemenangan," katanya.
.

Selain perlombaan antar siswa, kata dia, ada juga perlombaan yang dikhususkan bagi orang tua wali murid lewat paguyuban yang dikoordinasi oleh komite sekolah.

"Kita juga mengadakan perlombaan bagi orang tua wali murid diantaranya lomba menghias kelas dan memasak lempah kuning yang juga merupakan kuliner khas masyarakat Bangka Belitung," katanya.
 
 

Ia mengatakan, perlombaan bagi wali murid ini adalah murni swadaya dari semua orang tua yang juga ingin ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan HUT RI ke-78 di SDN 45 Pangkalpinang.

"Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini tetap dapat dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya, sehingga rasa kebersamaan, gotong royong dan silaturahmi antara orang tua dan sekolah semakin meningkat," katanya.
 


Ia berharap, dengan gelaran lomba-lomba yang berbentuk permainan tetapi bersifat edukasi ini semakin menumbuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta nasionalisme yang telah tertanam dalam jiwa para siswa.

" Mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana untuk merajut kebersamaan dan persatuan khususnya di Lingkungan SDN 45 Pangkalpinang," katanya.
.

Sementara itu, Kharisma Raisa Aqila, salah satu siswi kelas 5 SD ini merasa sayang senang bisa turut serta dalam memeriahkan perlombaan di sekolah.

"Saya sangat senang dapat ikut serta memeriahkan kegiatan perlombaan ini, semoga perlombaan ini bisa diadakan kembali di tahun-tahun berikutnya," katanya.
.

Pewarta: Rustam Effendi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023