Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan sebanyak 11 kantong darah kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) daerah setempat.

"Sebanyak 11 kantong darah itu diantaranya ada darah golongan A sebanyak satu kantong dan golongan darah B sebanyak tiga kantong lalu darah O sebanyak enam kantong serta AB ada satu kantong,"kata Ketua PMI Bangka Selatan Debby Vita Dewi saat mengelar kegiatan Donor Darah di Kawasan Himpang Lime Habang Toboali, Sabtu (2/09).

Disampaikannya kegiatan donor darah ini digelar dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Sedunia pada Tanggal 17 September Tahun 2023 ini.

"Kegiatan ini kami lakukan karena banyak sekali permintaan kebutuhan-kebutuhan darah dan stok-stok darah di Rumah Sakit yang memang tidak ada, jadi kami inisiasikan agar mendapatkan solusi bagaimana masyarakat yang membutuhkan darah tidak susah lagi,"kata dia.

Menurut Wakil Bupati Bangka Selatan ini setiap hari informasi masyarakat pasti selalu kekurangan darah dan ini memang terjadi karena tidak ada stok darah di Rumah Sakit.

"Mudah-mudahan akan banyak pendonor yang datang dan Alhamdulillah sudah ada pendonor-pendonor yang setia yang datang langsung untuk mendonorkan darahnya,"katanya.

Ia menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tidak khawatir karena hasil darah dari kegiatan ini akan murni disimpan untuk masyarakat Kabupaten Bangka Selatan khususnya yang membutuhkan.

"Darah dari hasil kegiatan kali ini akan kami serahkan kepada pihak RSUD dan akan dilakukan penyimpanan di UTDRS Daerah,"kata Debby.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi solusi dalam mengatasi kekurangan darah di daerah ini dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan agar dapat membantu bagi sesama manusia karena Setetes Darahku, untuk Kehidupan Kita Sehat, Mereka Selamat,"katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023