Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel) menggelar Operasi Zebra Menumbing 2023 sebagai langkah menciptakan kelancaran lalu lintas yang kondusif selama tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kegiatan operasi zebra tahun ini lebih difokuskan pada penegakan hukum lalu lintas," kata Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Yan Sultra saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Menumbing 2023 di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan Operasi Zebra Menumbing tahun ini berlangsung selama 14 hari, mulai 4 - 17 September 2023 dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas (kamseltibcarlantas) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Lalu Lintas dan pelaksanaan Pemilu Damai 2024.

"Kegiatan tidak hanya terfokus kepada penegakan hukum, tetapi juga bersifat edukatif, berupa kegiatan pendidikan masyarakat berlalu lintas agar mereka mengetahui arti pentingnya keselamatan berkendara serta taat dan patuh terhadap aturan berlalu lintas di jalan," katanya.

Ia menyatakan kenaikan tren kecelakaan lalu lintas di Babel meningkat setiap tahun, sehingga Polri tidak bisa berdiam diri dan harus menciptakan upaya agar kamseltibcarlantas terlaksana dengan baik di daerah ini.

"Tugas ini merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas (polisi lalu lantas0 sendiri, tetapi diperlukan adanya sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menyelesaikan akar masalah di bidang lalu lintas," ujarnya.

Sementara itu Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu menilai tugas kepolisian, khususnya dalam hal lalu lintas merupakan tugas yang berat, sehingga diperlukan sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat.

"Kita harus bersama-sama karena tugas polantas itu berat, sehingga harus disokong dari berbagai pihak, termasuk kesadaran dari masyarakat dalam berkendara," katanya.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023