Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2023, karena berhasil mewujudkan manajemen kinerja ASN berdasarkan sistem meritokrasi dalam upaya reformasi birokrasi dan mewujudkan good governance.

"Apresiasi untuk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) yang sudah bekerja dengan baik dan ini bukti kalau kita mau berusaha," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu saat menerima BKN Award 2023 dari Kepala Kantor BKN Regional VII Palembang di Pangkalpinang, Kamis.

Ia berharap penghargaan atas penerapan manajemen kinerja ASN tersebut dapat dipertahankan dengan terus menerapkan merit sistem yang memberikan dampak yang baik dalam tata kelola pemerintahan.

“Harapannya merit sistem atau sistem meritokrasi ini dapat terus berjalan dan diterapkan, sehingga dengan itu, tata kelola pemerintahan dan manajemen ASN akan tetap on the track, kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam tata kelola pemerintahan di daerah ini," ujarnya.

Kepala Kantor BKN Regional VII Palembang Margi Prayitno menyampaikan penghargaan ini merupakan indikator kemajuan pemerintah daerah dalam upaya memajukan SDM aparatur di daerahnya.

"Ke depan sistem meritokrasi akan terus dikembangkan dengan tidak hanya menilai kompetensi dan kinerja melainkan juga memperhatikan perilaku," katanya.

Ia mengapresiasi kepada Pemprov Kepulauan Babel, karena untuk mendapatkan penghargaan ini cukup banyak indikator yang harus dipenuhi.

"Kita sudah berdiskusi, bahwa untuk sistem meritokrasi ASN ke depan tidak hanya melihat pada kompetensi dan kinerja, melainkan juga melihat pada perilaku yang baik, kolaboratif misalnya, supaya sistem merit ke depan berjalan lebih objektif,” katanya.

Kepala BKPSDMD Provinsi Kepulauan Babel Susanti berpesan kepada ASN untuk terus berkontribusi dan terus mendukung sistem meritokrasi yang diupayakan, sebab sistem merit merupakan manajemen pola karir yang kredibel dan akurat yang dapat menjadikan ASN semakin profesional.

“Semoga dengan diraihnya penghargaan ini, bisa semakin memberikan semangat kepada para ASN khususnya di BKPSDMD untuk terus mewujudkan manajemen ASN yang baik dan profesional,” katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023