Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) bersama PT PLN ICON Plus sepakat untuk menuntaskan 39 daerah blank spot, guna meningkatkan pelayanan berbasis elektronik dan kinerja digital di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Selama ini jaringan internet ini menjadi persoalan utama dalam meningkatkan pelayanan digital di Kepulauan Babel," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu dalam keterangan tertulis yang diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Sabtu.

Berdasarkan data Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jumlah daerah di Kepulauan Babel yang masih blank spot sebanyak 39 titik tersebar di Kabupaten Bangka 13 titik, Bangka Selatan 7 titik dan selebihnya terdapat di Pulau Long, Pulau Bukulimau dan Pulau Batun Belitung Timur.

"Permasalahan jaringan internet ini masih menjadi pekerjaan rumah dan diharapkan dengan adanya kerja sama dengan PT PLN ICON Plus ini daerah blank spot bisa dituntaskan tahun ini," ujarnya.

Ia berharap PT PLN ICON Plus sebagai salah satu penyedia layanan internet cepat dengan memaksimalkan aset kabel fiber optik yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) dapat membantu mengentaskan persoalan blank spot di Negeri Serumpun Sebalai.

"Kami berharap kita bisa bersinergi melakukan percepatan penyediaan jaringan agar kualitas pelayanan publik guna mendukung aktivitas perekonomian, kesehatan hingga pendidikan yang merata," ujarnya.

Direktur Utama PT. PLN ICON Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi menyambut baik keinginan Pj Gubernur Kepulauan Babel untuk menuntaskan blank spot ini.

"Sebagai salah satu penyedia infrastruktur layanan internet, kami sangat mendukung dan sudah bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mewujudkan digitalisasi," ujarnya. ***2***

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023