Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Debby Vita Sari menyebutkan bahwa kerukunan antarumat beragama mampu menjadi spirit dalam membangun daerah.

"Toleransi dan kerukunan umat beragama mampu menjadi spirit serta menciptakan kebersamaan dalam membangun daerah," katanya usai menghadiri pelantikan pengurus gereja Indonesia daerah (PGID) Kabupaten Bangka Selatan di Toboali, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa keberadaan PGID Bangka Selatan akan membuat kerukunan umat beragama semakin harmonis.

"Bangka Selatan ini merupakan bagian dari miniatur Indonesia yang terdiri dari beragam suku dan agama," katanya.

Ia berharap PGID berperan aktif melaksanakan kegiatan yang berkolaborasi dengan Pemkab Bangka Selatan untuk mendorong pembangunan daerah di berbagai bidang.

"Mari terus kita jaga harmonisasi umat beragama, jaga kerukunan, kekompakan dan persatuan kendati terdiri dari beragam etnis, suku dan agama," ujarnya.

Ketua PGID Bangka Selatan Evi J Rumangit Zabua mengatakan keberadaan PGID diharapkan mampu berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam menciptakan situasi yang aman dan damai dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama masing-masing.

"Kita siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah, FKUB dan umat beragama lainnya dalam meningkatkan kerukunan serta kedamaian di daerah ini," ujarnya.

Ia memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang sudah merangkul dan mengajak semua golongan untuk bersatu padu dalam membangun daerah di berbagai bidang, terutama bidang sosial dan keagamaan.

"Kita di Bangka Selatan ini sudah hidup harmonis, berdampingan, rukun dan saling menghormati antar suku dan agama sejak lama. Tentu ini terus kita jaga sebagai kekuatan dalam membangun daerah," demikian Evi.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023