Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung terselenggaranya Peringatan Maulid Nabi di Desa Sungkap, sebagai bentuk dukungan pemerintah atas kelancaran dan kesuksesan acara itu. 

"Izin, Pak. Kedatangan kami ke sini untuk menyampaikan proposal serta meminta support dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setiap tahunnya, sudah menjadi agenda tahunan di desa kami, merayakan Maulid Nabi dengan mengadakan Tabligh Akbar," kata 
Ketua Panitia PHBI Desa Sungkap Ust. Zuban di Pangkalpinang, Rabu. 

Ia mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikenal dengan julukan Bumi Serumpun Sebalai sedari dulu terkenal akan masyarakatnya yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan tradisi. 

Ia menyampaikan banyak sekali perayaan hari besar agama yang telah mendarah daging dan menjadi tradisi secara turun-temurun, contohnya saja Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar hampir tiap daerah di  Babel. 

"Salah satu diantaranya Desa Sungkap, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah,  tidak pernah absen mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW dalam bentuk acara Tabligh Akbar," katanya. 

Ia mengungkapkan PHBI menjadi salah satu sarana silaturahmi antara masyarakat Desa Sungkap dengan warga desa se- Babel, hal ini dikarenakan siapa pun diperbolehkan untuk datang. 

Menurut dia rencananya acara ini akan dihelat pada 8 Oktober 2023 atau 23 Rabiul Awal 1445 H yang bertempat di Masjid An-Nur Desa Sungkap. 

Dalam hal ini, Pj Gubernur Suganda sangat mendukung kegiatan rutin seperti ini, apalagi jika tujuannya untuk mempererat silaturahmi. Dirinya pun menyambut baik proposal yang diberikan, dan akan segera menghubungi perangkat daerah terkait untuk menindaklanjuti kegiatan ini. 

"Saya sangat mendukung pak tentunya. Nanti, ini akan saya bantu sampaikan ke perangkat daerah terkait, dan nanti akan disesuaikan kira-kira bisa membantu apa saja," kata Pj Gubernur Babel. 

Ia menyebutkan bahwa dirinya nanti jikalau sempat akan ikut hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Sungkap. Ia juga berharap agar PHBI Maulid Nabi di Desa Sungkap dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023