Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun arena lomba burung berkicau (gantangan) untuk menyalurkan hobi para kicau mania dan menggeliatkan sektor UMKM.

"Para kicau mania di Babel sangat banyak, maka kita bangun Gantangan Bateng Arena ini untuk menyalurkan hobi yang nanti juga berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Usai membuka lomba burung berkicau dan sekaligus meresmikan Gantangan Bateng Arena di Alun-alun Koba, Algafry mengatakan bahwa ada ribuan para kicau mania yang ikut ambil bagian dalam lomba tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa minat orang untuk mengikuti lomba burung berkicau sangat tinggi, demikian juga masyarakat yang menyaksikannya," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah perkuat pemasaran produk UMKM secara digital

Situasi demikian, kata bupati menjadi titik baru atau sumber ekonomi baru bagi para pelaku UMKM karena bisa membuka lapak dagangannya selama kegiatan burung berkicau berlangsung.

"Dengan dibangunnya Gantangan Bateng Arena tersebut maka lomba burung berkicau akan menjadi agenda rutin di Alun-alun Koba," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, Alun-alun Koba memiliki daya tarik, pengunjungnya lebih ramai dan imbasnya tentu saja perputaran uang para UMKM yang berjualan di lokasi tersebut lebih kencang.

Baca juga: Bangka Tengah gelar pelatihan peningkatan kualitas produk UMKM

"Tujuan kita tentu saja dampak dari kegiatan burung berkicau ini yaitu menggeliatkan ekonomi para pelaku UMKM," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga mampu menjadi ajang silaturrahim dan promosi potensi daerah di berbagai sektor, terutama sektor kepariwisataan.

"Saya lihat pesertanya tidak hanya dari Bangka Tengah tetapi dari seluruh kabupaten di Babel dan bahkan ada yang datang dari luar provinsi, tentu ini sangat strategis dalam mengenalkan destinasi wisata unggulan kita," ujarnya.

Baca juga: Bangka Tengah dorong pelaku UMKM kembangkan produk teh daun pelawan

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023