Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menggaungkan Program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung) di kancah nasional, agar masyarakat Indonesia mengetahui program tersebut.

“Ini kebanggaan buat masyarakat Kepulauan Babel, bahasa daerah dapat dikenal secara nasional," kata Suganda Pandapotan Pasaribu dalam keterangan pers diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan Program Gule Kabung secara filosofi maupun fungsi sangat efektif menyelesaikan sejumlah permasalahan di Provinsi Kepulauan Babel seperti stunting, inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem dan masalah sosial dan pembangunan lainnya.

“Dalam melaksanakan program ini, kita turun langsung ke desa bahkan menginap di rumah warga dan melibatkan banyak pihak, baik itu unsur pemerintah, pengusaha, maupun masyarakat. Dari sana, banyak hal yang bisa langsung dieksekusi ataupun dicarikan solusi saat itu juga," ujarnya.

Ia menyatakan program Gule Kabung merupakan upaya pengawasan melekat terhadap pelayanan publik kepada masyarakat dan diharapkan dengan turunnya unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dari jenjang provinsi, kabupaten, kota hingga perangkat desa dalam program tersebut, mampu memberikan solusi konkret terhadap percepatan sekaligus pengawasan pelayanan publik.

“Program Gule Kabung ini juga berfungsi sebagai pengawasan melekat, kalau yang turun ke desa itu sudah levelnya Kapolda, tentu pelayanan sampai ke tingkat terbawah sekalipun akan mudah terawasi,” katanya.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi melalui talkshow dan lainnya agar program Gule Kabung ini dapat dikenal lebih luas di mata nasional dan diharapkan gagasannya dapat menginspirasi siapapun yang ingin menerapkan hal yang sama di luar Kepulauan Babel.

"Semoga konsep tata kelola pemerintahan yang sudah kita gagas ini dapat diadopsi oleh daerah daerah lain di Indonesia dan ini merupakan upaya kolaborasi pelayanan publik, pembangunan, kemasyarakatan dan kegiatan sosial yang terpadu," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023