Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menunggu tanggapan masyarakat terkait pengumuman daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat yang akan menjadi calon peserta Pemilu 2024, karena belum ada tanggapan masyarakat hingga pengumuman daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat.

"Sejak kami melakukan penetapan menjadi DCS, kami membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menanggapi para bakal calon legislatif tersebut, namun hingga berakhirnya masa penerimaan tanggapan ternyata tidak ada satu pun masukan dari masyarakat yang kami terima," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Kadir Jailani di Mentok, Babel, Senin.

Menurut dia, peran aktif masyarakat dalam memberikan masukan terkait para bakal calon legislatif dibutuhkan penyelenggara sebagai bahan untuk menuju tahapan selanjutnya, yaitu penetapan daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan awal November 2023.

"Setelah kami mengumumkan DCS maka masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam memberi masukan atau laporan terhadap calon legislatif, misalnya memberikan informasi bahwa calon pernah melakukan pelanggaran hukum dan informasi lainnya," katanya.

Tanggapan lain bisa juga disampaikan apabila ditemukan adanya calon yang diduga bermasalah, misalnya terkait ijazah pendidikan, bermasalah dengan hukum dan lainnya.

KPU Kabupaten Bangka Barat telah mengumumkan sebanyak 404 bakal calon legislatif yang sudah ditetapkan sebagai DCS Pemilu 2024, sebanyak 404 orang tersebut, terdiri dari 251 laki-laki dan 153 perempuan dari 18 parpol peserta Pemilu 2024.

Pada tahap awal pendaftaran, KPU Bangka Barat menerima sebanyak 476 orang calon anggota DPRD Kabupaten setempat, yang terdiri dari 293 laki-laki dan 183 perempuan, namun dari hasil verifikasi ditemukan adanya bakal caleg yang tidak memenuhi syarat, dan setelah dilakukan beberapa kali perbaikan sesuai dengan aturan yang diterbitkan KPU RI, hingga tahap akhir pelaksanaan pencermatan dan verifikasi bakal calon legislatif, KPU Bangka Barat menetapkan sebanyak 404 orang dalam DCS.

"Untuk saat ini kita juga sedang melakukan persiapan untuk penetapan DCT, kami berharap pengurus parpol ikut proaktif dalam tahapan persiapan ini agar DCT yang ditetapkan nanti sesuai dengan data sebenarnya dan tidak bermasalah di kemudian hari," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023