Kepolisian resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar simulasi sistem pengamanan kota menghadapi Pemilu Serentak 2024 dengan melibatkan ratusan personel polisi yang akan diterjunkan mengamankan pesta demokrasi.

Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya di Sungailiat, Rabu, mengatakan simulasi sistem pengamanan kota menghadapi Pemilu 2024 untuk meningkatkan keterampilan personel dalam pengamanan pesta demokrasi sehingga terjamin aman dan kondusif.

"Simulasi ini dilakukan untuk menguji standar operasional prosedur (SOP) yang ada dan untuk mengevaluasi kesiapan seluruh personel yang dilibatkan dalam pengamanan pemilu tahun 2024," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Tengah gelar simulasi sispamkota Pemilu 2024

AKBP Taufik mengatakan pemilu sebagai keberlangsungan komite Nasional pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara maka pada konteks ini  Polri sebagai penanggungjawab keamanan dan  berkewajiban mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2004.

"Saya minta seluruh personel pengamanan pemilu dapat  melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya tidak ada satu personel pun yang bertindak arogan dan harus sesuai dengan SOP," jelasnya.

Teknis pengamanan di lapangan nantinya, kata Kapolres seluruh personel menjalankan tugas dalam satu komando sehingga tindakan yang diambil betul-betul sesuai dengan prosedur.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama ikut menyukseskan Pemilu 2024, saling bekerjasama menciptakan kondisi keamanan wilayah yang tertib dan kondusif," kata Kapolres.

Baca juga: Polda Babel simulasi pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024

Baca juga: Polda Babel siap amankan 4.116 TPS Pemilu 2024

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023