Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyiapkan wadah bagi budayawan untuk berkreasi dalam seni dan budaya daerah.

"Wadah yang kita siapkan yaitu melalui Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan yang menampilkan beragam kesenian dan budaya daerah," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid di Toboali, Kamis.

Ia menjelaskan Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan bagian dari upaya pemerintah untuk melestarikan kesenian tradisional dan budaya daerah.

"Ini juga panggung bagi para seniman dan budayawan untuk mengekspresikan hobi yang mereka geluti selama puluhan tahun," ujarnya.

Bupati mengatakan komunitas kesenian dan budaya di daerah itu memberikan andil yang cukup besar dalam menunjukkan keragaman seni dan budaya daerah.

"Ini sangat penting karena seni tradisional dan budaya daerah merupakan bagian dari ciri khas suatu daerah," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan Firmansyah mengatakan Pesona Kemilau Bangka Selatan yang akan diselenggarakan pada 21 hingga 22 Oktober 2023 sudah masuk dalam kalender wisata yang rutin digelar setiap tahun.

"Acara yang dilaksanakan meliputi Festival Tari Kreasi Daerah, Festival Band, Toboali Photo Competition, Festival Makanan Tradisional, Habang Zumba Dance, Lomba Mewarnai," ujarnya.

Untuk Festival Tari Kreasi, kata dia, diikuti sebanyak 12 sanggar dan festival band diikuti sebanyak 25 grup band daerah.

"Kegiatan ini kami harapkan juga berdampak terhadap geliat kepariwisataan dan ekonomi para pelaku UMKM, karena kami juga membuka gerai untuk menjual aneka makanan tradisional," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023