Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyosialisasikan keberadaan pasar lelang terpadu agar dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku usaha dan instansi untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Kepala Bidang Sarana Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Nasirin Yusuf di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan Pemprov Babel bersama pemerintah kabupaten dan kota beserta seluruh instansi terkait didukung Bappebti memformulasikan suatu mekanisme perdagangan alternatif berupa pasar lelang komoditas.

"Sosialisasi dan pelatihan bimbingan teknis pasar lelang terpadu ini diperlukan agar para pengusaha dan instansi terkait yang ada di daerah paham dan mau memanfaatkan keberadaan pasar lelang komoditas di Babel," katanya.

Selain menyosialisasikan keberadaan pasar lelang tersebut, Disperindag Babel juga memberikan peningkatan pemahaman teknis sistem pasar lelang terpadu, dengan menaruh harapan besar para peserta agar dapat menguasai sistem pasar lelang terpadu.

Dalam pertemuan dengan para pelaku usaha tersebut, pihaknya memberikan pengenalan teknis sistem pasar lelang terpadu dalam mempermudah transaksi perdagangan komoditas dan bertujuan mencetak sumber daya manusia yang menguasai sistem pasar lelang terpadu sehingga sistem tersebut dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan pasar lelang komoditas.

Ia berharap adanya sosialisasi dan bimbingan teknis sistem pasar lelang terpadu di Babel seluruh pemangku kepentingan terkait mendukung, serta bersama-sama mengembangkan pasar lelang komoditas, guna memberikan keuntungan kepada semua pihak baik itu petani maupun pelaku usaha.

Ketua Pelaksana Kegiatan Nursirwan mengatakan peran serta pemerintah kabupaten dan kota sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan pasar lelang komoditas, salah satunya berupa peran aktif dalam menyosialisasikan keberadaan pasar lelang komoditas di Babel.

"Dalam kegiatan ini, kita juga menggelar pasar lelang komoditas oleh Kopela Babel bekerja sama dengan Disperindag Babel," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023