Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung terbentuknya Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), guna mendorong implementasi Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) Kawasan Konservasi. 

"Kami dari Pemprov Babel sangat mendorong terbentuknya BLUD, karena diharapkan kawasan konservasi perairan daerah bisa memberikan sumbangan fiskal terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Kelautan dan Perikanan," kata Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu saat membuka acara Lokakarya Rencana PPK BLUD dalam Pengelolaan Kawasan Konservasi di Pangkalpinang, Senin. 

Ia mengatakan dengan terbentuknya BLUD Kawasan Konservasi diharapkan dapat dapat mendorong pengelolaan kawasan konservasi yang efektif dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Menurutnya hal ini penting agar keanekaragaman hayati di Babel tetap terjaga, kehadiran BLUD kawasan konservasi diperlukan untuk melindungi semua kawasan dari kerusakan ekosistem.

"Di Pulau Belitung itu kawasan konservasinya masih terjaga, dan itu harus bisa dinikmati anak cucu kita. Sehingga dengan kehadiran BLUD kawasan konservasi, selain bisa untuk meningkatkan PAD, juga untuk menjaga lingkungan kita dimasa mendatang," katanya. 

Oleh karena itu, ia sangat mendorong pengelolaan kawasan konservasi menjadi lebih efektif, efisien, ekonomis, dan transparan dalam pengelolaan keuangan yang sehat, untuk mewujudkan kemandirian keuangan serta bermanfaat bagi masyarakat Babel.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023