Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah V Jambi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia memfasilitasi upaya menyiapkan langkah strategis pemajuan kebudayaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui kegiatan Rembuk Budaya yang digelar di Mentok, 19 hingga 21 Oktober 2023.

"Kegiatan ini merupakan langkah strategis bagi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyamakan langkah dengan program kerja Pemerintah Pusat, kita juga akan membawa hasil musyawarah ini ke Kongres Kebudayaan nasional yang akan digelar di Jakarta 23-28 Oktober 2023," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno di Mentok, Kamis.

Rembuk Kebudayaan tingkat Provinsi Babel akan ikuti perwakilan dari seluruh kabupaten/kota, mereka adalah para pelaku budaya, perwakilan pemerintah, akademisi, kelompok dan komunitas budaya serta penggiat budaya, seniman, pemerhati sejarah yang ada di daerah itu.

"Dalam kegiatan yang mengusung tajuk Nganggung Budaya ini kita berusaha melibatkan sebanyak mungkin para tokoh budaya, sejarahwan, pelaku seni, penggiat budaya dan kelompok muda untuk ambil bagian," katanya.

Menurut dia, gaung pemajuan kebudayaan secara nasional sedang ramai digerakkan. Kongres Kebudayaan Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Oktober 2023 di Jakarta akan semakin terkayakan dengan aksi-aksi yang sinergi dan simultan dengan apa yang dilakukan di daerah termasuk yang rembuk kebudayaan di Provinsi Babel.

"Kita akan bergerak bersama. Hasil rembuk akan dideklarasikan pada malam kebudayaan dan diserahkan kepada pihak pemerintah sebagai pengampu urusan kebudayaan tingkat Provinsi Babel dan Pemerintah Pusat," katanya.

Kegiatan yang mengusung tajuk Nganggung Budaya ini digelar Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah V Jambi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemprov Babel, Pemkab Bangka Barat di dua lokasi, yakni Gedung Majapahit Unmet PT Timah Tbk untuk acara rembuk kebudayaan dan pelataran bangunan cagar budaya nasional Pesanggrahan Mentok (Wisma Ranggam) untuk acara malam kebudayaan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023