UPTD Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (P3) Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Perjanjian kerjasama ini tentang Layanan Pengembangan Kemasan dan Promosi Produk bagi para pelaku usaha di bidang pertanian di Bangka Selatan (Basel) dan di tandatangani oleh kedua belah pihak dan di hadiri oleh jajaran UPTD. RPK dan Jajaran Dinas P3 Basel di ruang kerja Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel itu.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel Tarmin menyambut baik kerjasama ini, dimana penandatanganan ini adalah dalam rangka pengembangan dan peningkatan daya saing produk pertanian melalui kemasan di Kabupaten Bangka Selatan.

"Perjanjian Kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan melalui UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan, dengan Dinas Pertanian Bangka Selatan, kita menyambut baik hal ini, untuk kemajuan bersama para pelaku usaha IKM dan UMKM," katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan Babel Alfatah Suriaan menjelaskan, bahwa maksud dan  tujuan dari kerjasama ini adalah, agar dapat memudahkan pelaku usaha khususnya di bidang pertanian, pangan dan perikanan dalam mendesain label kemasan, cetak kemasan yang berkualitas dan menarik serta promosi.

"Kegiatan ini penting dilakukan guna mendorong pengembangan produk melalui kemasan yang menarik dan berdaya saing, sehingga mampu mempromosikannya dan bersaing nantinya. Konsumen jadi tertarik," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam kerjasama ini ada beberapa komoditi produk yang akan dikembangkan dalam hal desain kemasan, serta promosi sampai dengan produksi kemasannya. Satu, mengenai pengembangan kemasan olahan buah nanas, menjadi minuman sari nanas dari Desa Bikang, Kecamatan Toboali. Kedua itu pengembangan kemasan beras merah dan putih di Desa Rias Kecamatan Toboali.

Dan yang ketiga itu ada pengembangan kemasan beras merah dan putih Desa Serdang Kecamatan Toboali dan pengembangan kemasan Beras merah dan putih Desa Kepoh Kecamatan Toboali.

Sementara itu untuk, pengembangan kemasan Beras merah dan putih Desa Pergam Kecamatan Air Gegas dan juga ada pengembangan kemasan beras merah dan putih Desa Gudang Kecamatan Simpang Rimba.

"Dan yang ke tujuh itu, pengembangan kemasan Beras merah dan putih, di Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar. Itu semua jumlahnya ada 7 program pengembangan kemasan yang akan di tindaklanjuti pada perjanjian tersebut," ujarnya.

Oleh sebab itu dirinya berharap dengan adanya kerja sama ini, pelaku usaha khususnya bidang pertanian di Bangka Selatan dapat menjual produk hasil pertanian dalam kemasan yang menarik dan berkualitas.

Yossie Riestu Pradhifta selaku Kasi Pengembangan dan Pemasaran UPTD. RPK Babel menambahkan, dari perjanjian kerjasama tersebut kemasan menjadi lebih menarik konsumen sehingga dapat menambah nilai jual serta berdaya saing.

"Jika kemasannya baik, bisa memperpanjang umur simpan dari produk pertanian tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha bidang pertanian," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023