Koba (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta KNPI sebagai organisasi pemuda menjadi motor penggerak perubahan.

"KNPI ini kumpulan para pemuda harapan daerah yang harus mampu menjadi motor penggerak perubahan dan memberikan kontribusi aktif bagi pembangunan daerah," ujarnya saat membuka acara Rapat Pimpinan Daerah KNPI Bangka Tengah di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pemuda memiliki peran penting dalam menggerakkan roda pembangunan di berbagai bidang terutama pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

"Sekarang angka putus sekolah masih tinggi, tentu pemuda bisa berperan dalam mendorong generasi muda untuk terus bersekolah," ujarnya.

Selain itu belakangan ini terjadi pergeseran nilai sosial dan moral generasi muda yang dikhawatirkan berbagai pihak.

"Pelaku dan korbannya adalah pemuda, maka KNPI bisa memegang peran dalam mengarahkan serta mendorong generasi muda untuk menatap masa depan yang lebih cerah," ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa organisasi kepemudaan bukan untuk sebuah kepentingan tetapi merupakan organisasi yang menjadi mitra pemerintah untuk memajukan pembangunan daerah.

"Di KNPI itu bukan untuk sebuah kepentingan, bukan wadah mencari duit tetapi tempat belajar menjadi seorang pemimpin dan belajar menjadi pemuda yang bermoral," ujarnya.

KNPI kata dia juga harus menghormati keberagaman di masyarakat sebagai negara Bhinneka Tunggal Ika dan KNPI tidak berpikir kedaerahan.

"Pemuda KNPI harus bersikap nasionalis dan berpikir global. Jangan berpikir kedaerahan karena pemuda Indonesia bukan demikian," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016