Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar sidang paripurna terkait pengumuman dan usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Belitung periode 2018-2023, karena masa jabatannya segera berakhir pada Desember mendatang.

"Kami telah menyampaikan pengumuman terkait usulan pemberhentian Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung yang masa jabatannya akan berakhir pada Desember mendatang," kata Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, sidang paripurna pengumuman dan usulan pemberhentian Bupati Belitung dan Wabup Belitung telah sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang harus ditempuh.

Disampaikannya, usulan pemberhentian tersebut berdasarkan Pasal 79 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemberhentian Kepala Daerah.

Dalam ketentuan tersebut, disebutkan pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah sesuai Pasal 78 ayat (1) huruf a dan huruf b, diumumkan pimpinan DPRD melalui rapat paripurna.

"Sehingga ini adalah sebuah mekanisme yang harus kita jalankan agar mendapatkan surat keputusan pemberhentian bupati dan wakil bupati yang masa jabatannya segera berakhir Desember ini," ujarnya.

Menurut dia, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie sebelumnya dilaksanakan pada 31 Desember 2018 lalu.

"Maka dengan demikian masa jabatan Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung periode 2018-2023 akan berakhir pada Desember 2023," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan aturan tersebut pihaknya telah mengusulkan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Belitung masa jabatan 2018-2023 sejak 31 Desember mendatang.

"Pengusulan ini akan kami sampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendapatkan keputusan penetapan pemberhentiannya," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, DPRD Belitung juga akan mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Belitung.

"Kalau Pj Bupati Belitung sedang kami bahas untuk diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri dan akan kami sampaikan lebih lanjut terkait informasi usulan Pj Bupati Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023