Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar ziarah dan tabur bunga nasional di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya Pangkalpinang, sebagai rangkaian memperingati Hari Pahlawan Nasional ke-78 Tahun 2023.

"Kegiatan upacara, ziarah dan tabur bunga nasional ini untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan," kata Kapolda Kepulauan Babel  Irjen Pol Tornagogo Sihombing usai memimpin upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-78 tahun ini bertemakan memerangi kemiskinan dan kebodohan, guna mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan harta, jiwa dan raga memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini menjadi contoh bagi kita semua untuk lebih baik atas perjuangan dan pengabdian kepada bangsa serta negara," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Kalibata

Ia menyatakan dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan ini, Polda Kepulauan Babel sudah melakukan banyak hal dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia masyarakat yang handal dan berdaya saing di dunia global.

"Kita menyasar ke lembaga-lembaga pendidikan dan berkolaborasi dengan sekolah untuk peningkatan dan pengembangan pendidikan generasi penerus bangsa ini," katanya.

Selain itu, Polda Kepulauan Babel juga telah memiliki Taman Kanak-Kanak Bayangkari yang terus dikembangkan, agar anak-anak usia dini mendapatkan pendidikan lebih baik.

"Kami sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel untuk meningkatkan taraf pendidikan yang lebih baik, sehingga dapat mengentaskan kemiskinan di Negeri Serumpun Sebalai ini," katanya.

Baca juga: Pahlawan, sejarah, dan keteladanan

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023