Direktur Pengembangan Usaha PT Timah Tbk Koko Wigyantoro mengajak insan timah untuk meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam memerangi ancaman kemiskinan dan kebodohan.

"Saya mengajak insan timah bersama-sama meneladani nilai-nilai yang diajarkan para pahlawan untuk mengentaskan kemiskinan dan kebodohan," kata Koko Wigyantoro dalam keterangan diterima di Pangkalpinang, Bangka Belitung(Babel), Minggu.

Ia mengatakan Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara," katanya.

Menurut dia ancaman dan tantangan ini bisa ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pahlawan pejuang 10 November 1945. Sesuatu yang tidak mudah memang, tapi pasti bisa.

"Pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan, karena para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa, kita bukan bangsa pecundang," katanya.

Menurut dia saat ini yang perlu disyukuri ialah semangat untuk memberantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri ini.

"Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur," pesannya.

Insan timah Riki Vernandes mengatakan ada banyak nilai-nilai Pahlawan yang bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari dan lingkungan kerja seperti untuk meningkatkan kompetensi diri dan berjuang dalam bidang masing-masing.

"Sebagai kaum milenial kita bisa melanjutkan perjuangan pahlawan dengan berkontribusi meningkatkan kapasitas diri kita baik  attitude, kemampuan skill dan kemampuan spiritual, sehingga bisa terus berkembang dan apa yang kita kerjakan dapat berdampak besar buat perusahaan dan bangsa dan negara," kata Riki Vernandes juga sebagai Wakil Kepala Divisi Perencanaan dan Pengendalian Produksi ini.

Dian Syafitri Kepala Divisi Keuangan PT Timah Tbk  mengatakan di era ini banyak orang bisa menjadi pahlawan dalam bidangnya masing-masing.

"Saat ini semua orang bisa menjadi pahlawan pada bidangnya masing-masing, seorang ibu dengan perannya mendidik anak juga pahlawan, seorang guru yang mencerdaskan anak-anak juga pahlawan, dan karyawan juga bisa, yang penting bekerja dengan jujur, ikhlas, bekerja dengan baik, memberikan inovasi untuk perusahaan sehingga perusahaan bisa maju," ucapnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023