Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan layanan antar obat langsung kerumah pasien "Aokla" untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

Direktur RSUD Depati Bahrin Bangka, Yogi Yamani dalam keterangan, Senin mengatakan layanan "Aokla" membantu meringankan pasien karena pasien dapat langsung pulang setelah mendapat pemeriksaan kesehatan.

"Obat pasien nantinya akan diantar langsung ke rumah pasien oleh petugas sekaligus menjelaskan penggunaan obat yang digunakan pasien itu," kata dia.

Dia mengatakan petugas yang mengantar obat ke rumah pasien yaitu petugas farmasi atau asisten apoteker karena yang bersangkutan memiliki kemampuan di bidang obat-obatan.

"Pasien tidak dibebani biaya meskipun obat diantar langsung ke rumah, cara ini kami lakukan sebagai solusi agar tidak terjadi antrian yang lama saat menunggu obat," kata dia.

Selain layanan "Aokla" kata dia, pihaknya juga menyediakan layanan sistem informasi "Atok Kepo", dimana sistem ini merupakan ruang layanan untuk pasien bertanya.

Kemudian inovasi pendonor darah suka rela karyawan "Pendekar", serta layanan E Medical Record adalah rekam medis yang biasanya ditulis di buku pasien di kertas.

"Dokter di RSUD Depati Bahrin tidak lagi menulis rekam medis pasien di kertas, namun langsung dicatat melalaui handphone dokter atau di perangkat komputer dokter yang sudah disediakan," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023