Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan jaringan kelompok informasi masyarakat (KIM) untuk membantu memasarkan berbagai produk unggulan usaha kecil dan menengah (UKM).

"Melalui jaringan yang ada di KIM binaan Diskominfo Babel kami berharap berbagai produk unggulan lokal semakin dikenal dan peminatnya meningkat," kata Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat, Agus Setyadi di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, KIM Babel merupakan salah satu media sosial hasil pengembangan Diskominfo yang sudah terkoneksi dengan lebih dari 800 pengguna facebook dari berbagai daerah di Indonesia.

"Tidak bisa dipungkiri berkembangnya teknologi menjadi salah satu tantangan sekaligus motivasi kami memanfaatkannya untuk membantu memasarkan produk UKM lokal," kata dia.

Menurut dia, upaya tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk membantu memperluas jaringan pemasaran sejumlah produk lokal yang dinilai layak bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Kami sudah menawarkan beberapa produk yang sudah layak dan sampai saat ini berjalan dengan baik, seperti kerajinan akar bahar, kopiah resam, pewter, pempek, dan beberapa produk makanan olahan," kata dia.

Dia mengaku belum semua unit usaha dimasukkan dalam jaringan tersebut karena berbagai pertimbangan.

"Langkah ini kami lakukan agar nantinya tidak merugikan konsumen, jangan sampai nanti masuk banyak penawaran tetapi pelaku usaha ternyata tidak mampu memroduksi sesuai permintaan," katanya.

Ia optimistis langkah meluaskan jaringan pemasaran ini akan mampu membantu pelaku UKM lokal.

Selain melalui jejering internet, kata dia, pola konvensional dengan mengikuti berbagai pameran lokal dan nasional juga terus dilakukan.

Menanggapi usaha tersebut, Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat Henry Een Firsanto mendukung upaya tersebut.

"Kami juga siap memromosikan produk UKM lokal melalui majalah, portal, dan media massa," katanya.

Ia mengatakan, berbagai upaya tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016