Memasuki penghujung tahun 2023, dua kelompok tani yang menjadi mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Kelompok Tani (Poktan) Pelita yang berlokasi di Bangka dan Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Mufakat di Belitung Timur berhasil melakukan panen cabai merah dengan produktivitas yang baik, Selasa (14/11).

Plt. Kepala KPwBI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agus Taufik, mengatakan Pada bulan Oktober 2023 lalu, Poktan Pelita yang memiliki lahan di Desa Dalil, Kabupaten Bangka, menghasilkan panen cabai merah sebanyak 5 ton di luas lahan 0,4 hektar (ha). 

Sementara itu, Gapoktan Mufakat yang berlokasi di Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur memasuki masa panen pada awal November 2023 dengan total panen cabai merah sebanyak 15 ton di luas lahan 1.5 ha. 

"Hasil panen cabai merah tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pasokan cabai merah lokal sehingga stabilitas harga cabai merah di Bangka Belitung semakin terjaga," katanya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Pangan Strategis (PIHPS) yang terdapat pada laman https://www.bi.go.id/hargapangan, pada minggu kedua November 2023 rata-rata harga cabai merah di pasar tradisional Pangkalpinang sebesar Rp75.000/kg. Sedangkan di Tanjungpandan sebesar Rp93.000/kg.
 
Ia mengatakan, BI Babel bersinergi dengan Pemerintah Daerah akan terus mendorong produktivitas pangan lokal untuk mendukung program kemandirian pangan, antara lain komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang merah, sayur mayur, padi, dan ikan budi daya. 

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memperkuat sinergi dan inovasi program pengendalian inflasi, Bank Indonesia juga telah bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Harvesting Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Pangkalpinang pada 15 November 2023. 

"Kegiatan tersebut memiliki serangkaian acara yaitu operasi pasar murah, lomba memasak ikan air tawar, farmer’s market, penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), panen ikan budidaya, layanan penukaran uang kas, serta layanan transaksi dengan menggunakan QRIS (QRIS Experience)," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023