Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi setempat berupaya meningkatkan pemahaman sistem pasar lelang terpadu kepada pelaku usaha dan pengurus koperasi lada di daerah itu.

"Melalui kerja sama dengan tim PKK dan koperasi petani lada ini kita harapkan ke depan para petani lada dan pelaku usaha bisa memanfaatkan sistem pasar lelang terpadu (SPLT) sehingga mereka bisa semakin sejahtera," kata Kepala Bidang Sarana Perdagangan dan Pengembangan Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Nasirin Yusuf di Pangkalpinang, Kamis.

Selain melibatkan para pengurus koperasi petani lada, pelatihan ini juga diikuti pelaku usaha, perwakilan BUMN, perbankan dan pelaku UMKM binaan PKK Provinsi Babel.

Ia mengatakan Pemprov Babel bersama pemerintah kabupaten/kota dan pemangku kepentingan terkait, serta dukungan dari Bappebti saat ini telah berhasil memformulasikan mekanisme perdagangan alternatif dalam bentuk pasar lelang komoditas.

"Melalui kegiatan bimbingan teknis ini kami ingin menyosialisasikan tentang keberadaan pasar lelang komoditas di Provinsi Babel, sekaligus mengenalkan teknis SPLT untuk mempermudah transaksi perdagangan komoditas," katanya.

Dengan adanya pelatihan itu diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia yang menguasai sistem pasar lelang secara terpadu, sehingga ke depan sistem tersebut dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan pasar lelang komoditas.

Ia menjelaskan, SPLT bertujuan untuk mempermudah transaksi perdagangan komoditas dengan cara yang lebih mudah dengan pola transaksi digital sehingga dibutuhkan sumber daya manusia pelaku usaha pasar lelang komoditas agar volume perdagangan komoditas di daerah semakin meningkat.

"Kami berharap seluruh pemangku kepentingan terkait mendukung dan bisa bersama-sama mengembangkan pasar lelang komoditas guna memberikan keuntungan kepada semua pelaku usaha baik produsen, trader, buyer dan end user," ujarnya.

Dalam rangka menyongsong Ulang Tahun ke-23 Provinsi Babel pada 21 November 2023, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan pasar lelang komoditas lokal Babel, sebagai pasar alternatif bagi produsen dalam memasarkan produk sekaligus tempat para produsen mendapatkan bahan baku bagi proses produksi selanjutnya.

"Mudahan-mudahan acara ini dapat memajukan dunia usaha di Babel termasuk UMKM. Ini kerjasama antara Disperindag Babel dengan tim penggerak PKK Provinsi Babel serta Koperasi Petani Lada Babel," ujarnya.

Melalui kegiatan itu diharapkan bisa mendukung pengembangan pasar lelang, khususnya komoditas unggulan, memperpendek mata rantai pemasaran hasil komoditas, sehingga biaya pemasaran dapat ditekan, harga komoditi dapat terbentuk secara transparan, adil dan menguntungkan semua pihak.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023