Sebanyak 1.212 orang pramuka penegak dan pandega mengikuti Raimuna Daerah IV tahun 2023 Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bangka Belitung (Babel) di Bumi Perkemahan Jada Bahrin, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Pembukaan Raimuna IV diwarnai dengan beragam atraksi khas kepramukaan dam dihadiri oleh Pj Gubernur Babel yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Wydia Kemala Sari, Sekretaris Kwarda Zamhari, Gubernur Raimuna Daerah IV, Alfin dan Waka Binamuda Kwarda M Irham, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wydia Kemala Sari mengatakan bahwa pramuka merupakan wahana pendidikan untuk terus berproses menjadi pribadi yang berjiwa merdeka, disiplin, mandiri serta mampu mengembangkan hubungan kemanusiaan yang baik.

"Saat ini, kegiatan pramuka telah disesuaikan dengan kemajuan zaman. Kegiatan pramuka dapat menjadi wahana menimba ilmu banyak di samping sekolah," ungkapnya.

Melalui Raimuna ini diharapkan pembinaan terus dilakukan secara terencana dan berkesinambungan disertai dukungan dan fasilitas terhadap Gerakan Pramuka di Babel. 

"Arahkan proses pendidikan kepramukaan agar kaum muda mencintai kegiatan pramuka. Jadilah generasi bangsa yang mendorong kemajuan negeri ini melalui gerakan pramuka," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Pramuka Alfin mengatakan, pelaksanaan Raimuna IV akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yang akan menambah ilmu pengetahuan bagi para Penegak dan Pandega Pramuka Babel.

"Kegiatannya nanti akan ada Ngayau, Seperadik Berguru, Kampus Seperadik. Lokasinya disini dan juga di luar Bumi Perkemahan," ungkapnya.

Pihaknya berharap, dari Raimuna IV Kwarda Babel ini akan menumbuhkan semangat kepramukaan di Babel untuk terus berkembang, dan juga turut menyukseskan Indonesia Emas 2045 dan juga menyongsong development gold yang akan dikombinasikan dengan kegiatan-kegiatan yang ada di Raimuna IV ini.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023