Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil memperoleh penghargaan tingkat nasional yakni, inovasi terbaik se-Indonesia dari Menteri PAN-RB RI, Abdullah Azwar Anas.

Pejabat Bupati Bangka, M Haris dalam keterangan, Rabu mengatakan, keberhasilan meraih penghargaan tingkat nasional inovasi terbaik se- Indonesia merupakan hasil kolaborasi, dedikasi, dan kerja cerdas seluruh pihak.

"Kami berkomitmen untuk terus melibatkan inovasi sebagai instrumen utama pembangunan daerah, dimana saat ini berada di tengah-tengah revolusi industri 4.0," kata dia.

Dikatakan, Kabupaten Bangka tidak hanya bersiap menghadapinya, tetapi juga memimpin dengan menjadi pelopor inovasi di tingkat Nasional dan regional.

Penghargaan tingkat nasional, diserahkan pada puncak Awarding Top 45 Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Republik Indonesia, di Jakarta, Selasa (21/11).

Selain memperoleh penghargaan tingkat nasional, Kabupaten Bangka juga berhasil mendapat penghargaan inovasi terbaik (Laboratorium Inovasi) tingkat regional dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penghargaan ini diserahkan pada HUT Bangka Belitung ke - 23.

Pemerintah Kabupaten Bangka mendapatkan penghargaan kompetisi inovasi pelayanan publik, sebanyak 10 kali secara berturut-turut. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah pusat dalam memberikan penghargaan dan insentif kepada daerah yang berhasil menerapkan inovasi terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Pentingnya penghargaan inovasi terbaik se-Indonesia ini semakin terasa karena diselenggarakan pada tahun yang sangat spesial, yaitu tahun ke-10 gerakan "One Agency One Innovation" dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang pertama kali digelar saat itu pada tahun 2014," jelasnya.

Dari sekian inovasi, kata dia, salah satu inovasi yang berhasil Kabupaten Bangka raih adalah inovasi pengelolaan ekosistem laut. Kabupaten Bangka berhasil mengusung gagasan pengelolaan ekosistem kelautan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, mencakup aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023