Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli keliling dan sambang warga guna menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat di masa kampanye Pemilu 2024.

"Patroli keliling dan sambang warga ini kami lakukan dengan memberikan imbauan langsung ke masyarakat akan pentingnya menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing sehingga pemilu bisa berjalan lancar, aman, tertib, nyaman dan damai," kata Kepala Satbinmas Polres Bangka Barat AKP Edwar di Mentok, Rabu.

Menurut dia, patroli keliling dan giat sambang warga penting dilakukan sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat guna mempermudah penyampaian imbauan yang disampaikan para personel.

Baca juga: Tim Gabungan di Bangka Barat patroli untuk mewujudkan pemilu damai

"Kegiatan in juga sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024, kita ingin bersama-sama menjaga dan mengawal agar pemilu berjalan damai," ujarnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata kali ini sudah memasuki tahapan kedua yaitu tahapan kampanye, oleh karena itu dalam pelaksanaan tersebut, personel Operasi Mantap Brata Menumbing 2023-2024 para personel memberikan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas.

Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis mengatakan kampanye pemilu merupakan salah satu tahapan penting dalam pemilihan umum yang bertujuan untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program, dan citra diri peserta pemilu.

Baca juga: Tim gabungan di Bangka tingkatkan pengawasan jelang Pemilu 2024

Kampanye pemilu terdiri dari berbagai program dan kegiatan, seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, debat publik, rapat umum, iklan media massa, dan media sosial.

"Kepada seluruh personel yang melaksanakan pengamanan agar tetap menjalankan tugas dengan baik dan sesuai standar operasional yang telah disampaikan agar situasi kamtibmas tetap terjaga kondusif," katanya.

Ia mengingatkan kepada seluruh personel untuk tetap menjaga teguh netralitas Polri dengan cara tidak ikut serta atau turut berpartisipasi kepada pihak partai.

Baca juga: Pemprov optimalkan laporan daring "Tim Awas Babel" jelang Pemilu 2024

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023