Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan pemilu damai bukan sekadar slogan tetapi usaha nyata bersama dalam menjaga kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi.

"Perlu kerja keras bersama untuk mewujudkan pemilu yang aman, kondusif dan bermartabat, mari kita bersama-sama menciptakan pesta demokrasi yang menggembirakan agar bisa mewujudkan pemilu damai," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Deni Ferdian di Mentok, Kamis.

Sebagai bentuk keseriusan dalam menciptakan pemilu damai, Bawaslu Kabupaten Bangka Barat telah menggelar deklarasi pemilu damai yang dihadiri Bupati Sukirman, dan seluruh unsur Forkopimda, perwakilan pengurus partai politik bersama KPU daerah setempat.

"Kami juga menghadirkan para panitia pengawas pemilu kecamatan, desa dan kelurahan sebagai bentuk komitmen siap mendukung dan mewujudkan pemilu damai," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa dalam pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai demokrasi yang telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Melalui pemilu juga diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan secara damai dan sukarela sehingga perubahan, pergantian penguasa bisa berjalan dengan baik dan teratur.

"Pemilu damai membutuhkan kerja besar dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, yang dimulai dari setiap individu dan pemerintah telah berkomitmen menjaga kondusivitas dan keamanan selama pemilu berlangsung," katanya.

Ia mengajak seluruh unsur pemerintah dan masyarakat ikut berpartisipasi aktif untuk memastikan pemilu berjalan damai, sesuai dengan aturan sehingga tercipta atmosfer yang kondusif dalam rangkaian tahapan pemilu.

"Kami mengajak unsur untuk sepakat dan terlibat langsung dalam menjaga kedamaian selama pemilu karena pemilu menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa," katanya.

Pada masa kampanye diharapkan seluruh peserta dan masyarakat untuk dapat mengisi tahapan tersebut dengan berbagai kegiatan yang tidak berpotensi menimbulkan perpecahan, mencederai kepercayaan masyarakat dan hal lain yang berpotensi meresahkan.

"Masyarakat saat ini sudah cukup cerdas berpolitik, untuk itu mari kita bersama-sama menjalani rangkaian tahapan pesta demokrasi ini dengan hati gembira sehingga bisa berjalan aman, damai dan kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023