Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA kembali mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel, guna menggenjot serapan APBD 2023.

"Serapan APBD di semua OPD hingga 22 Desember tahun ini diharapkan sudah 90 persen," kata Safrizal ZA dalam keterangan pers diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan dalam mengoptimalkan serapan APBD 2023 di masing-masing OPD,  Pemprov Kepulauan Babel menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) guna mencari solusi dari kendala yang dialami OPD dalam merealisasi anggaran tersebut.

"Kita pecahkan apa kesulitan-kesulitannya, kita akan bantu agar dia bisa juga ke 90 persen," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur: Serapan anggaran Babel per Juli 2023 capai 42,53 persen

Ia menyatakan dalam percepatan serapan APBD ini, ia memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan program, baik yang sudah selesai hingga yang berjalan. Terkhususnya pencapaian serapan anggaran di masing-masing OPD.

"Jadi ini pengecekan dan monitor serapan dari tiap-tiap dinas, dicek posisi terakhir dan cara-cara percepatan. Sampai dengan tanggal 20 Desember kita berharap sarapan total itu bisa di atas 90 persen," ujarnya.

Menurut dia sejauh ini, berdasarkan laporan yang diterima rata-rata pencapaian serapan anggaran di tiap OPD sudah berjalan baik, kendati ada yang masih terkendala teknis di lapangan. 

Baca juga: Pj Gubernur Babel menginstruksikan OPD maksimalkan serapan anggaran

"Banyak yang sudah 90 persen, bahkan 93 persen dan ada yang masih 60 persen," katanya.

Ia menambahkan serapan anggaran yang belum mencapai 90 persen,  akan dicari solusi bersama guna mencari cara memecahkan kesulitan yang dihadapi.

"Ini sudah komitmen, evaluasi ini, dan di tahun depannya. Nanti kita umumkan target-target pencapaian kita tiap bulan," katanya.

Baca juga: Pj Suganda harap serapan anggaran Pemprov Babel baik dan langsung menyentuh masyarakat

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023