Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 18 lapangan di enam kecamatan untuk pelaksanaan kampanye rapat umum pada masa kampanye Pemilu 2024.

"Berdasarkan hasil pemetaan para petugas penyelenggara dan masukan dari berbagai pihak, kami telah menetapkan masing-masing tiga lokasi di tiap kecamatan yang disiapkan untuk kampanye rapat umum. Lokasi itu disiapkan untuk seluruh partai politik dan peserta pemilu," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Henny Apriana di Mentok, Minggu.

Untuk Kecamatan Mentok, lokasi yang disiapkan di Lapangan Gelora, Keranggan dan Airbelo, di Kecamatan Simpangteritip disiapkan Lapangan Mutiara Kundi, Simpanggong dan Pangek, Kecamatan Jebus di Lapangan Sungaibuluh, Tumbakpetar dan Sinar Manik.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Kelapa bisa digelar di Lapangan Semut, Jalan Pusuk dan di Sungaibulin, Kecamatan Tempilang di Lapangan Persit Airlintang, Cendrawasih dan Lapangan Gorib, dan untuk kecamatan Parittiga disiapkan lapangan Tambang25, Bakit dan Puput.

Selain menyiapkan lokasi atau lapangan yang bisa untuk dijadikan tempat kampanye rapat umum, pihaknya juga sedang menyusun jadwal kampanye rapat umum yang melibatkan massa tersebut guna meminimalkan risiko terjadi perselisihan di lapangan.

Jadwal kampanye rapat umum pada Pemilu kali ini akan dimulai 21 Januari hingga 10 Februari 2024 sehingga dibutuhkan persiapan matang dan cermat agar pelayanan yang diberikan penyelenggara bisa adil untuk seluruh peserta pemilu.

"Jadwal dan lokasi kampanye rapat umum akan kami terbitkan bulan depan sebelum masa kampanye rapat umum dimulai," katanya.

Jika setiap kecamatan ditetapkan sebanyak tiga lokasi, maka akan ada 18 lokasi yang disiapkan untuk 18 partai peserta pemilu, hal ini dinilai sudah cukup adil untuk memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh parpol peserta pemilu di hari yang sama.

Dalam pelaksanaan kampanye rapat umum ini, dia mengingatkan kepada seluruh parpol untuk tertib aturan, salah satunya dengan mengurus surat pemberitahuan kampanye kepada pihak kepolisian dan mengirimkan salinannya kepada KPU dan Bawaslu Daerah setempat.

"Kami berupaya agar seluruh peserta bisa tertib aturan sehingga masa kampanye berjalan damai, aman, nyaman demi kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023