PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap melayani arus penumpang pada musim puncak (peak season) perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kami siap melayani perjalanan udara masyarakat dalam periode peak season Natal dan Tahun Baru 2024," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Khaerul Assidiqi di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, peningkatan pergerakan (traffic) penumpang di bandara internasional HAS Hanandjoeddin diprediksi berlangsung mulai  18 Desember sampai 4 Januari 2024 mendatang.

Pihaknya memprediksikan jumlah pergerakan penumpang selama musim Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 30.902 penumpang.

"Memang secara kumulatif jumlah pergerakan penumpang pada peak season Nataru 2024 ini diperkirakan masih sama dengan periode pada tahun lalu," ujarnya.

Dikatakan dia, puncak pergerakan penumpang pertama di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin diperkirakan berlangsung pada, Jumat (22/12) mendatang dan puncak pergerakan penumpang kedua pada, Sabtu (30/12) mendatang.

"Sementara puncak arus balik kami prediksi akan berlangsung pada, Selasa 2 Januari 2024 mendatang," katanya. 

Dikatakan dia, adapun penumpang pesawat di periode Natal dan Tahun Baru 2024 didominasi oleh para wisatawan yang ingin berlibur ke Belitung.

Pihaknya juga telah menyiapkan rencana operasi sebagai bentuk kesiapan dalam melayani pergerakan penumpang di Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kami menyiagakan sebanyak 76 personel baik dari kalangan internal maupun eksternal," ujarnya.

Khaerul memastikan, fasilitas Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin Belitung siap melayani pergerakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Bandara-bandara Angkasa Pura II juga dilengkapi dengan fasilitas 'TravelinPass' guna memungkinkan penumpang pesawat memproses keberangkatan hanya dengan melalui biometrik face recognition, sehingga bisa mempersingkat waktu proses di bandara termasuk saat peak season," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023