Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah menerima 70 persen logistik Pemilu 2024 dari KPU RI.

"Kami sudah menerima 70 persen logistik pemilu yaitu berupa kotak suara, bilik suara, tinta dan alat coblos," kata Ketua KPU Belitung Timur Marwansyah di Manggar, Kamis.

KPU Belitung Timue sudah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral yang dihadiri unsur kepolisian, TNI, Bawaslu dan unsur pemerintah daerah membahas pendistribusian logistik pemilu.

"Rapat koordinasi itu membahas persiapan dan distribusi logistik Pemilu Serentak Tahun 2024, agar pelaksanaannya berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Rakoordinasi itu juga untuk memastikan terkait koordinasi, sinergitas dengan pemda, kejari dan polres mengenai persiapan dan distribusi logistik supaya pelaksanaan pemilu berjalan lancar.

"Kita berkomitmen menciptakan pemilu yang aman, lancar dan tidak menemui kendala dalam pendistribusian logistik pemilu," ujarnya.

Kepala Kejari Belitung Timur Rita Susanti menyampaikan upaya pengoptimalisasian peran Kejaksaan dalam Pemilu 2024.

"Tentu ini sesuai dengan instruksi Jaksa Agung Nomor 6 Tahun 2023 tentang optimalisasi peran Kejaksaan RI dalam mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi," ujarnya.

Instruksi Jaksa Agung Nomor 6 Tahun 2023 itu juga sebagai langkah antisipasi dipergunakannya penegakan hukum sebagai alat politik praktis oleh pihak tertentu pada Pemilu 2024.

"Kita sudah berkomitmen dan siap membantu para penyelenggara dalam menciptakan pemilu yang demokratis, tanpa adanya persoalan hukum," ujarnya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023