Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli pengawasan dan pengamanan di sejumlah lokasi rawan untuk mendukung terwujudnya Pemilu 2024 damai.

"Patroli dilaksanakan tidak hanya di pusat kota, namun juga dilakukan hingga pelosok guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," kata Kepala Seksi Humas Polres bangka Barat Ipda Ardianis di Mentok, Senin.

Ia mengatakan dalam upaya menjaga situasi tetap tertib dan aman pada seluruh tahapan persiapan pelaksanaan Pemilu 2024, pihaknya melakukan patroli rutin di objek vital, yaitu Kantor KPU, Bawaslu, dan gudang penyimpanan logistik pemilu yang berlokasi di Pal2 Mentok.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan mencegah terjadinya gangguan keamanan di lokasi-lokasi vital tersebut, katanya.

"Patroli di lokasi itu, kami laksanakan bersama Satpol PP dan TNI, kita bersama-sama menjalankan salah satu Program Operasi Mantap Brata 2023-2024," ujarnya.

Keterlibatan petugas Satpol PP dan TNI penting dilakukan untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi jika sewaktu--waktu terjadi gangguan, sekaligus untuk mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu.

"Kita telah bekerja sama dengan lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu agar upaya menjaga kamtibmas bisa berjalan maksimal," katanya.

Selain patroli rutin dan penempatan personel di pos penjagaan gudang logistik pemilu, Polres Bangka Barat secara rutin menggelar patroli sambang warga dengan mengerahkan personel di satuan masing-masing.

"Untuk wilayah pesisir kita kerja sama dengan Satuan Polairud dalam melakukan patroli, salah satunya dengan sambang warga pesisir di beberapa lokasi di Kecamatan Mentok," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, selain sebagai upaya deteksi dini situasi kamtibmas wilayah, katanya, juga agar dapat memaksimalkan kehadiran polisi di tengah masyarakat guna memberikan rasa aman, nyaman, serta menyampaikan imbauan agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban wilayah setempat.

Warga pesisir diharapkan bisa ikut berperan aktif memberikan informasi kepada petugas kepolisian jika menemukan hal yang mengarah ke pelanggaran hukum atau hal mencurigakan, baik pada saat menjalankan aktivitas di tengah laut maupun pesisir pantai.

Pada saat bertatap muka dengan warga pesisir itu, para petugas tidak lupa mengingatkan agar mereka selalu waspada dan menjaga keselamatan dalam melaksanakan aktifitas di pesisir dan laut dengan melengkapi diri alat keselamatan dan alat komunikasi serta memperhatikan cuaca agar terhindar dari bahaya kecelakaan.

"Misi kami adalah untuk memastikan proses pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai. Kami juga mengajak masyarakat ikut berperan aktif menjaga situasi kondusif di lingkungan masing-masing," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023