Polda Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Operasi Lilin Menumbing 2023 di Gedung Tribrata, Kamis (14/12/23).

Dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Babel Syafrizal dan Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Selain itu, rakor ini turut dihadiri oleh Wakapolda Brigjen Pol Sugeng Suprijanto, seluruh pejabat utama Polda, seluruh Kapolres Jajaran serta Instansi Vertikal yang ada dilingkungan Provinsi, Kota maupun Kabupaten.

Kapolda mengatakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti pertemuan rapat koordinasi ditingkat pusat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dikatakannya, bahwa rakor ini juga sebagai sarana untuk memastikan kesiapan jelang pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2023 mendatang.

"Kita undang semua lintas sektoral yang ada di Bangka Belitung untuk memastikan bahwa Polda Babel serta semua pihak siap. Apalagi semuanya tadi sudah memberikan informasi terkait dengan kesiapan Operasi Natal dan Tahun Baru 2024,"kata Tornagogo saat ditemui usai acara.

Tornagogo juga menyebutkan bahwa sejumlah kesiapan telah dilakukan. Mulai dari personel hingga kesiapan kegiatan Gelar Pasukan nantinya sebagai tanda dimulainya Operasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kita pastikan semua siap. Dan nanti tanggal 21 ini kita akan gelar pasukan yang nantinya selama 12 hari kedepan dari tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 nanti semua siap melaksanakan Operasi Natal dan Tahun Baru bersama,"sebutnya.

Lebih lanjut, Mantan Wairwasum Polri ini juga memberikan atensi dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 ini.

Mengingat, Operasi Nataru tahun 2024 ini, bertepatan dengan situasi proses kegiatan Pesta Demokrasi Pemilu 2024 yang memasuki tahapan masa kampanye hingga Februari mendatang.

"Ini tentunya jadi ekstra bagi kita berkaitan proses demokrasi, proses pemilu ini. Dan ini juga akan menjadi hal-hal yang menjadi pertimbangan kita nantinya,"lanjut Tornagogo.

Ditambahkan Jenderal Bintang Dua Polri ini, pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam pelaksanaan pengamanan Nataru 2024 nantinya.

"Saya sudah sampaikan bahwa kita melaksanakan pengamanan nataru ini bersinergi dengan pihak terkait dan juga bersama-sama masyarakat untuk mengamankan Babel baik ditempat-tempat tertentu nantinya seperti objek wisata maupun tempat-tempat ibadah,"pungkasnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023