Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung ( Babel) Fajar Sulaiman Taman, Kamis (21/12) mengatakan, pada peringatan hari HAM sedunia yang tanggal 10 Desember lalu, sebanyak 7 kabupaten Kota di Babel dapat penghargaan dari Kemenkumham.

Oleh karena itu Pj Gubernur Babel Dr Safrizal dan Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto mendapat penghargaan dari Menkumham sebagai Pembina kabupaten kota peduli HAM yang diserahkan oleh Menkumham Prof Yasonna Laoly minggu 10 Desember lalu di Jakarta .

Menurut Fajar Sulaeman Taman, kriteria yang harus dipenuhi oleh  Kabupaten/Kota agar dapat predikat Peduli Hak Asasi Manusia adalah pertama   terpenuhinya hak sipil dan politik, yang terdiri atas hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam Pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, serta hak atas kependudukan.

Kemudian kedua adalah terpenuhinya hak ekonomi, sosial dan budaya, yakni  hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, serta hak perempuan dan anak. 

"Kriteria tersebut sesuai dengan sesuai dengan  Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 tahun 2021, "ujarnya.

Fajar menuturkan, penilaian kriteria daerah kabupaten/kota Peduli HAM diukur berdasarkan indikator struktur, proses, dan hasil. Untuk dapat dilakukan penilaian kriteria daerah Kabupaten Kota Peduli HAM ( KKP HAM)  Pemda Kabupaten/ Kota sebelumnya harus mengisi data penilaian. Data tersebut terdiri dari formulir indikator KKP HAM dan seluruh data dukung yang digunakan dalam proses penilaian KKP HAM.

"Kriteria daerah kabupaten/kota Peduli HAM bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan tanggung jawab melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM. Serta mengembangkan sinergisitas organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal dan instansi terkait di daerah dalam rangka penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM, "katanya.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Provinsi Bangka Belitung Safrizal Zakaria Ali, beserta seluruh Bupati dan Walikota di Babel karena bersinergi dengan Kemenkumham Babel, sehingga semua kabupaten Kota di Babel  berhasil meraih predikat Kabupaten/ Kota Peduli HAM.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023