Sebanyak 800 umat katolik diprediksi menghadiri kegiatan ibadah Misa Natal di Gereja Katolik Paroki Regina Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (24/12) besok.

Sekretaris Pipa Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Yohannes Djohan Wijaya di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan pihak panitia telah menyiapkan kursi tambahan guna memfasilitasi ramainya umat yang hadir di perayaan Misa Natal besok.

"Kursi tambahan memang telah dipersiapkan oleh pihak panitia dengan melihat dan menyesuaikan jumlah umat yang hadir," katanya.

Djohan menyebutkan, selama perayaan Ibadah Natal 2024 pihak Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan tidak membatasi jumlah umat yang hadir.

Namun, lanjut dia, bagi umat yang sedang dalam keadaan sakit diharapkan tidak memaksakan diri datang ke gereja dan disarankan beribadah di rumah saja, terutama di tengah meningkatnya kembali kasus COVID-19.

"Untuk sementara waktu kami tidak ada pembatasan terhadap para umat yang akan datang namun kami imbau kepada umat yang kondisi kesehatannya kurang baik untuk tidak berangkat ke gereja," ujarnya.

Djohan menjelaskan, tema perayaan Natal 2024 di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan adalah "Bersuka Cita Menjadi Gereja Partisipatif Sinodal".

Djohan menyampaikan, jadwal perayaan Natal
Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan diawali Misa Adven IV pada, Sabtu (23/12), Misa Vigili Natal pada, Minggu (24/12), dan Misa Hari Raya Natal pada, Senin (25/12).

Djohan mengajak, umat Katolik di daerah itu untuk merayakan Natal dengan penuh suka cita, namun tetap berbela rasa dengan saudara yang ada di luar sana khususnya di Gaza, Palestina dan daerah lainnya.

"Kami turut mendoakan di sini, lewat perayaan Natal tahun ini semoga perdamaian bisa terwujud, kami tidak ada aksi spesial untuk itu, namun sebagai umat Katolik kami ikut mendoakan, semoga segera terwujud perdamaian dan tidak ada lagi perang di sana," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023