Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat arus penumpang libur Natal dan Tahun Baru 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan terpantau normal.

"Sampai, Selasa (26/12) belum ada lonjakan penumpang yang siginifikan di pelabuhan Tanjung Pandan," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Syaiful Anwar melalui Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Hengki di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, sampai saat ini jumlah pergerakan penumpang di pelabuhan Tanjung Pandan menuju pelabuhan Pangkal Balam menggunakan kapal cepat Express Bahari 3 E terpantau normal.

"Jumlah rata-rata penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E sekitar 200 an penumpang dalam satu kali keberangkatan," ujarnya.

Ia mengatakan, kapal cepat Express Bahari 3 E melayani penumpang di pelabuhan Tanjung Pandan menuju pelabuhan Pangkal Balam sebanyak tiga kali keberangkatan dalam seminggu yaitu Senin, Rabu, dan Jumat pukul 07.00 WIB.

"Rute keberangkatan kapal cepat Express Bahari 3 E masih normal belum ada jadwal  tambahan keberangkatan," katanya. 

Hengki menyampaikan, puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan telah berlangsung pada, Sabtu (23/12) lalu dengan sebanyak 400 penumpang.

"Sedangkan untuk puncak arus balik libur Natal dan Tahu Baru 2024 mendatang akan berlangsung sebelum berakhirnya masa libur sekolah," ujarnya.

Ia menambahkan, guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 pihaknya telah mendirikan posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024 di pelabuhan Tanjung Pandan mulai 18 Desember sampai 8 Januari mendatang.

Selain itu, lanjut dia, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan juga memastikan aktivitas bongkar muat bahan kebutuhan pokok di pelabuhan Tanjung Pandan berjalan lancar selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kami pastikan kegiatan aktivitas bongkar muat di pelabuhan Tanjung Pandan sampai saat ini berjalan lancar serta kondisi cuaca saat ini dalam keadaan baik," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023