Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh warga untuk bersama-sama mengembangkan semangat kesetiakawanan sosial untuk mendukung upaya mewujudkan masyarakat maju, sejahtera dan bermartabat.

"Melalui peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2023 ini kami mengajak seluruh warga untuk bergotong royong, membangun semangat kesetiakawanan agar mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Jumat.

Menurut dia, kesetiakawanan sosial bukanlah semata konsep retorika, melainkan landasan kokoh yang menghubungkan antara hati, pikiran dan perbuatan untuk bersama-sama mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

Dalam hal ini, kata dia, semangat gotong royong yang sudah ada sejak zaman dahulu terbukti ampuh dan mampu mengatasi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan di tengah masyarakat.

"Semangat dan nilai-nilai luhur warisan pendahulu itu cukup ampuh dan kami yakini akan mampu membawa kita menuju masyarakat sejahtera dan bermartabat," ujarnya.

Untuk menumbuhkan semangat dan nilai-nilai luhur tersebut, masyarakat diminta untuk mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar tempat tinggal.

"Kita perlu terus bersatu padu, bekerja sama, bersinergi, dan saling mendukung dalam menghadapi perubahan dinamis tatanan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang terus menuntut kita untuk terus berinovasi terutama dalam peningkatan lingkungan yang adaptif," katanya.

Selain peran masyarakat, pemerintah juga akan terus melakukan berbagai upaya untuk membantu, mendorong dan mendampingi masyarakat agar semakin meningkat kualitas pendidikan, kesehatan dan kesejahteraannya.

Berbagai pola bantuan terus dilakukan sebagai bentuk perhatian dan motivasi pemerintah untuk membangun kemandirian masyarakat.

"Pada peringatan Hari kesetiakawanan Sosial kali ini kita juga menyerahkan berbagai bantuan untuk warga, antara lain bantuan biaya pendidikan, modal kerja, bantuan kesehatan, dan kursi roda kepada masyarakat kurang mampu. Kami berharap ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat optimisme untuk kehidupan ke depan yang lebih baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023