Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok bawang merah, putih dan cabai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena pasokan dari sentra produksi lancar.

"Saat ini stok bawang merah 36,804 ton dan bawang putih 42,604 ton," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan stok cabai merah besar di lima gudang distributor mencapai 1,104 ton, cabai merah kecil 0,602 ton, daging sapi 14,1 ton, daging kerbau beku 4,5 ton, daging ayam ras 486,8 ton dan telur ayam ras 62,04 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Stok ini akan terus bertambah, karena pelaku usaha secara terus menambah pasokan dari Pulau Jawa dan Sumatera," katanya.

Menurut dia ketersediaan stok bawang yang mencukupi ini tentunya berdampak terhadap harga yang masih relatif normal.

Saat ini harga bawang putih honan bertahan normal Rp40.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000 per kilogram. Demikian juga harga cabai masih bertahan normal karena permintaan yang menurun pascaperayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Permintaan bawang, cabai dan sayur mayur lainnya setelah perayaan tahun baru ini berkurang, sehingga dipastikan stok cukup hingga akhir Januari tahun ini," katanya.

Menurut dia penambahan pasokan ini sangat penting, mengingat tingkat ketergantungan pasokan dari luar daerah ini yang tinggi.

"Hingga saat ini, kita masih mengandalkan pasokan cabai dan bawang dari luar daerah, karena produksi petani lokal yang belum memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024