Jajaran Kepolisian Resor Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan rangkaian kegiatan Operasi Mantap Brata kali ini menugaskan Polisi Wanita atau Polwan dalam mengawasi proses pelipatan Surat suara di Gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat sejak Selasa (2/1) hingga Jumat (12/1). 

"Sebanyak enam personil kita tugaskan dalam melakukan  pengamanan pada kegiatan pelipatan Surat suara ini, ada dua polwan kita terjunkan dalam pengamanan itu," kata Kapolres Bangka Selatan AkBP Toni Sarjaka melalui Kabag Ops Polres Bangka Selatan Kompol Elpiadi di Toboali, Rabu (3/1). 

Disampaikannya penugasan terhadap polwan ini karena KPU Bangka Selatan melibatkan ibu- ibu untuk melipat surat suara ini sehingga mempermudah dalam komunikasi. 

"Kehadiran dua orang Polwan ini bertujuan untuk mempermudah Pengawasan dan komunikasi dalam pelaksanaan tugas mengingat yang melaksanakan pelipatan surat suara banyak ibu-ibu," katanya. 

Menurut dia pengamanan kegiatan ini sudah melakukan koordinasi dengan pihak KPU Bangka Selatan terkait dengan proses pengamanan ini bekerja sama dengan pengamanan internal KPU. 

"Adapun tugas pengamanan dalam pelipatan surat suara mengacu pada ketentuan-ketentuan atau prosedur di KPU. Diantaranya melakukan pemeriksaan kepada setiap petugas sortir lipat yang akan memasuki ruangan dan mengamankan jalannya proses sortir lipat surat suara,"katanya.

Lebih lanjut dia katakan selain itu juga melakukan pengamanan terhadap barang bawaan petugas sortir lipat surat suara dan menegakkan tata tertib sortir lipat surat suara.

"Untuk surat suara yang dilipat adalah surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. Alhamdulillah proses pelipatan surat suara hingga hari ini berjalan dengan aman tertib dan lancar," kata dia. 

Dirinya berharap tugas pengamanan ini dapat diselesaikan sesuai dengan  rencana yang telah ditentukan dengan baik dan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan. 

"Semoga proses pelipatan surat suara ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024