Muntok (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan sosilaisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah itu.

"Upaya promotif terus kami lakukan melalui berbagai cara, baik melalui media massa maupun media sosial agar masyarakat semakin sadar pentingnya penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari," kata Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi di Muntok, Kamis.

Ia menerangkan, untuk mendukung upaya promotif yang dilakukan pihaknya juga membuat berbagai kebijakan terkait dengan PHBS berupa Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 tentang Bentuk dan Ukuran Media Promosi terkait indikator PHBS dan Standar Operating Prosedur (SOP) terkait dengan pembuatan media promosi PHBS.

Menurut dia, dasar hukum yang mengatur secara rinci tentang jenis-jenis media promosi PHBS dan peran sektor kesehatan dan lintas sektor lainnya dalam pembuatan media promosi PHBS tersebut merupakan yang pertama di Bangka Barat dan Provinsi Bangka Belitung.

Aturan tersebut menurut dia merupakan tindak lanjut dari Peraturan Daerah tentang PHBS yang sudah disahkan pada tahun sebelumnya.

"Agar lebih dipahami masyarakat, terutama para pelaku dan pemangku kepentingan dalam bidang kesehatan, kami juga sudah melakukan sosialisasi aturan tersebut," kata dia.

Menurut dia, hari ini pihaknya sengaja mengundang sejumlah pejabat dari dinas terkait, tenaga kesehatan di Puskesmas dan jaringannya, yang terdiri dari Kepala Puskesmas, bidan puskesmas, bidan desa, perwakilan lintas sektor yaitu kementerian agama dan para kepala KUA kecamatan se-Bangka Barat untuk mengikuti sosialisasi aturan tersebut.

Menurut dia, pemkab memiliki komitmen kuat dalam pembangunan sektor kesehatan dalam rangka menuju Bangka Barat Hebat 2021.

"Melalui komitmen tersebut kami berharap ke depan media promosi yang dibuat akan semakin efektif dan tepat sasaran sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya PHBS semakin tinggi," kata dia.

Terkait lomba PHBS, ia mengatakan, pada tahun ini sudah ada pemenang lomba tersebut yaitu Desa Limbung Kecamatan Jebus yang akan mewakili Babel maju pada lomba PHBS tingkat Nasional 2017.

"Kami berharap melalui regulasi yang sudah dibuat dan disosialisasikan semoga upaya promosi PHBS akan semakin meningkat dan melibatkan lintas sektor, bukan hanya dari Dinkes," kata dia.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016