Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melibatkan sebanyak 115 petugas untuk melakukan sortir dan pelipatan surat suara pemilu 2024.

"Hari ini kita mulai melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 14 Februari 2024, proses ini dilaksanakan di gudang logistik di Pal3 Mentok," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Dwi Aprianto di Mentok, Kamis.

KPU Kabupaten Bangka Barat menargetkan proses sortir dan pelipatan surat suara selesai dalam waktu tujuh hari untuk selanjutnya menunggu proses distribusi ke seluruh tempat pemungutan suara.

"Setelah proses ini, logistik masih akan disimpan di gudang logistik untuk menunggu proses distribusi yang akan dilaksanakan menjelang pelaksanaan pemungutan suara nanti," ujarnya.

Pada proses sortir dan pelipatan surat suara ini, kata dia, para petugas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil guna memudahkan pengawasan dan mempercepat pola kerja.

"Kami juga melibatkan petugas keamanan dari KPU dan kepolisian untuk memeriksa seluruh petugas pada saat masuk dan keluar lokasi pelipatan untuk memastikan seluruh surat suara tidak ada yang keluar," katanya.

Sebelum menjalankan tugas pelipatan surat suara, kara Aprianto, para petugas telah mendapatkan pembekalan tata cara dan pola melipat surat suara agar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Dia mengatakan, untuk proses pelipatan surat suara ini sebagian besar merupakan para petugas yang sebelumnya pernah terlibat pada proses pelipatan surat suara pemilu sebelumnya.

"Kami juga memasang kamera pengintai untuk membantu pengawasan, dan pada proses ini kita juga didampingi petugas Bawaslu Kabupaten Bangka Barat agar penyelenggaraan sesuai aturan dan tepat waktu," katanya.

Berdasarkan data rekapitulasi penerimaan logistik di KPU Bangka Barat, jumlah keseluruhan surat suara untuk pemilihan presiden-wakil presiden sebanyak 151.634 lembar ditambah surat suara untuk pemungutan suara ulang 1.000 lembar. Jumlah ini sama dengan jumlah surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi Babel.

Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Bangka Barat terdapat empat jenis sesuai daerah pemilihan (dapil), terdiri dari Dapil 1 sebanyak 39.612 lembar, Dapil 2 sebanyak 23.728 lembar, Dapil 3 sebanyak 43.503 lembar dan Dapil 4 sebanyak 48.791 lembar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024