Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemeriksaan urine terhadap sopir angkutan umum yang berada di daerah itu, Sabtu pagi.

"Tes urine ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut Hari Anti Narkoba Internasional pada Minggu (26/6)," kata Kepala BNN Kota Pangkalpinang, AKBP Ikhlas Gunawan di Pangkalpinang.

Ia mengatakan, tes urine terhadap para sopir angkutan umum tersebut dilaksanakan di empat tempat yakni terminal Girimaya, depan Ramayana, terminal Selindung dan terminal Kampung Kramat Pangkalpinang.

"Pada setiap lokasi pemeriksaan urine, kami lakukan tes kepada 15 hingga 20 orang dan tidak ditemukan sama sekali sopir yang menggunakan narkoba," katanya.

Kegiatan tes urine tersebut dilaksanakan sebagai bentuk layanan khusus kepada penumpang untuk memastikan bahwa sopir yang membawa penumpang benar-benar aman dan tidak terlibat narkoba dalam berkendaraan.

"Kegiatan tes urine ini akan terus kami lakukan sampai pelaksanaan mudik nanti, termasuk pemriksaan terhadap para awak kapal yang berada di pelabuhan Pangkalbalam," ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap para sopir angkutan umum, pihaknya juga melakukan tes urine terhadap awak pesawat baik pilot maupun pramugari di Bandara Depati Amir.

Dalam pelaksanaan tes urine ini, tim kami terbagi dua salah satunya melakukan pemeriksaan pada awak pesawat di bandara. Sasaran kegiatan ini memang terhadap semua awak transportasi dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016