Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA meresmikan galeri UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di terminal penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

"Pelaku UMKM mempengaruhi 80-90 persen sektor perekonomian bangsa dan disinilah kita memberi pengabdian lebih ke UMKM karena kontribusinya terhadap ketahanan ekonomi bangsa," kata Pj Gubernur Safrizal saat meresmikan Galeri UMKM, di Pangkalpinang, Selasa.

Pj Gubernur Safrizal mengatakan pembinaan di sektor UMKM ini harus dilakukan karena 90 persen ekonomi Indonesia di support sektor UMKM dan ini harus didukung fasilitasnya dengan dukungan sektor bisnis lain juga difasilitasi instansi seperti hari ini disupport oleh Bandara Depati Amir.

"Ini perwujudan sektor koperasi dan UMKM
yang tidak hanya disini tapi juga di Belitung. Kita juga akan buka di terminal 3 Bandara Soetta dengan tema 1bulan penuh Bangka Belitung," ujarnya.

Pembinaan juga dilakukan melalui inovasi dan kreatif penciptaan produk-produk baru melalui sektor-sektor baru. Semua sektor yang bisa melibatkan sektor UMKM agar bisa bersaing dengan sektor UMKM di Provinsi lain.

Oleh karena itu support dari semua pihak juga sangat diharapkan dan masyarakat juga harus selalu menggunakan bahan lokal sendiri karena dengan menggunakan produk lokal, artinya mensupport UMKM ikut membangun bangsa dan negara.

"Pemda akan selalu support agar pelaku UMKM lebih kreatif dan produk UMKM kita jadi good branding UMKM di Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024