Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal mengunjungi galeri UMKM di terminal penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

"Saya sedang gencar-gencarnya melakukan kunjungan ke pelaku UMKM untuk melirik potensi-potensi apa saja yang bisa kita masukkan dan pamerkan di gerai," katanya saat mengunjungi gerai tersebut, Rabu.

Ia mengatakan Dekranasda Babel selalu memberi dukungan kepada semua pelaku UMKM agar produk-produk UMKM Babel bisa dipamerkan di setiap event nasional maupun internasional.

Seperti produk kerajinan tangan berupa rajutan yang banyak dibuat oleh para pelaku UMKM namun masih sedikit yang dipamerkan di gerai-gerai pameran UMKM.

"Kita selalu beri support penuh untuk semua UMKM di Babel tidak hanya di Bangka, tapi juga di Belitung, seperti kerajinan tangan yang rajutan itu sedang kami lirik karena banyak dihasilkan namun sedikit dipamerkan," terang Safriati.

Safriati menambahkan, dalam mensupport pelaku UMKM, Dekranasda Babel juga memberi pembinaan kepada pelaku UMKM agar terus berinovasi membuat produk kerajinan yang berdaya saing, seperti menambah variasi motif pada cual, batik atau mode pakaian khas Babel untuk menarik daya tarik pembeli.

"Ada juga yang harus dibenahi UMKM Babel yaitu motif kerajinan seperti cual, batik itu desainnya masih umum dari zaman dulu sampai saat ini. Kedepan kita harap para desainer kita bisa memberi variasi design yang lebih bagus untuk mode baju kita dan Babel juga harus punya design tersendiri untuk bisa dikenal masyarakat luar, karena saya juga banyak mempromosikan ini ke teman-teman saya diluar bahwa ini loh motif punya khas Babel," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024